Minggu, 09 Desember 2012

10 Tips menjadi penyiar / Announcer Radio yang profesional



http://2.bp.blogspot.com/-gaE9rnesoHg/UMRYrMJl7OI/AAAAAAAAAEs/MTYUIvMsatE/s1600/penyiar.jpg Tips ini tercipta dengan latar belakang pengalaman saya pribadi, ketika diminta untuk menjadi penyiar / announcer radio, dimana saya belum punya pengalaman sebelumnya penjadi penyiar diperparah dengan permintaan ini disampaikan kurang dari 15 jam sebelum kegiatan dimulai. –tragis-

       Seperti kata Abraham Lincoln “Jika saya diberi waktu 8 jam untuk menebang suatu pohon, maka 6 jam saya akan gunakan untuk mengasah kampak saya”, berbekal kata kata dari om lincoln itu saya mulai googling di yahoo (ha…) untuk berbagai tips serta download di youtube  cara penyiar radio dalam ngebawain acara, dan sialnya ternyata video tersebut  berbahasa Inggris, (bahasa yang saya sukai tapi tidak saya mengerti, -tragis-)

     Oke, dari berbekal tutorial yang sudah dibaca, berlangsunglah acara yang dinantikan oleh para kru radio tapi tidak buat saya pribadi,  hampir satu setengah jam On Air di radio dan ketika keluar dari ruang studio, dengan wajah lesu dan menunduk, saya tatap wajah para kru radio, dengan wajah garang salah seorang mendekati saya lalu berbisik “ I like your style”, mendengar kalimat itu, rasa-rasanya saya dibawa menaiki paus di atlantis dan terbang ke rasi bintang paling manis ( korban iklan –tragis-)

http://2.bp.blogspot.com/-psqdpKMXlGs/UMRZNtlcr2I/AAAAAAAAAE0/RUore8u3RkM/s320/148788_274211082673714_1175891754_n.jpg

Oke. Berikut tips-tipsnya, stay tune:

1.       Berdoalah, sebelum siaran saya tiba – tiba menjadi pribadi yang sangat religius, ucapkan Bismillah ( Tuhan, semoga sebentar lagi PLN matiin listriknya biar gak jadi On Air)
2.       Tenanglah, bila perlu hubungin uya kuya biar dihipnotis terlebih dahulu.
3.       Percaya diri, please!!! untuk kali ini aja,  percaya sama kemampuan diri anda, walaupun sebelumnya diri elu kadang – kadang ngeboongin elu
4.       Jangan Grogi, Ingat kata Ranchodas Chad Chad (3 Idiots) ucapkan All iz Well… All iz Well… All iz Well… All iz Well
5.       coba baca ulang tips dari nomor satu sampe empat
6.       Ketika menyapa pendengar di radio, percayalah mereka gak  kenal sama kamu, jadi jalan aja terus, gak usah takut dihadang / digebukin kalau ketemu sama pendengar kamu dijalan.
7.       Perbanyak perbendaharaan kata, ini sangat penting, biar pendengar kamu gak bosen dengan kata – kata yang sering kamu ucapkan. (ini tips serius)
8.       Sering – sering denger radio, inget jangan cuma denger lagunya, apalagi nge sms penyiarnya buat request lagu.
9.       Latihan, karena practice makes perfect
10.   gak ada lagi, Cuma pengen nge-genepin aja biar jadi 10. Hehehee
okey guys semoga artikel nie bisa bermanfaat bagi loe2 semua.........!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar